Galaksi Bima Sakti Diprediksi Punya 36 Peradaban Cerdas


Galaksi Bima Sakti Diprediksi Punya 36 Peradaban CerdasAda 36 peradaban cerdas diami Galaksi Bima Sakti (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Manusia adalah satu-satunya peradaban maju di seluruh alam semesta. Namun, manusia masih tidak memiliki teknologi untuk mengamati exoplanet dan hanya berhasil mendeteksi sebagian kecil dari dunia.

Para ilmuwan telah lama mencoba menggunakan matematika untuk menghitung probabilitas kehidupan yang ada di tempat lain selain Bumi. Masalahnya, dengan hanya satu titik data tunggal, itu bisa terasa lebih seperti tebak-tebakan dibanding perhitungan sebenarnya.


Kini, para peneliti dari University of Nottingham telah menemukan apa yang mereka yakini sebagi tebakan yang masuk akal untuk jumlah peradaban cerdas di galaksi ini. Hasilnya, sedikit mengejutkan.

Penelitian, yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal, mencoba menyederhanakan penalaran matematis untuk mengasumsikan, kehidupan cerdas ada di tempat lain selain Bumi. Itu semua bermuara pada jumlah waktu yang dibutuhkan untuk kehidupan cerdas berakar di Bumi yang diperkirakan antara 4,5 miliar hingga 5 miliar tahun.


Berdasarkan angka itu dan memperhitungkan jumlah bintang yang kemungkinan mampu mendukung kehidupan di planet pada orbitnya, para peneliti menyarankan ada 36 peradaban alien aktif di Bima Sakti.

"Metode klasik untuk memperkirakan jumlah peradaban cerdas bergantung pada membuat perkiraan nilai-nilai yang berkaitan dengan kehidupan, di mana pendapat tentang hal-hal seperti itu sangat bervariasi. Studi baru kami menyederhanakan asumsi ini menggunakan data baru, memberi kami perkiraan yang kuat tentang jumlah peradaban di galaksi kita," kata penulis utama studi Tom Westby yang dilaporkan BGR, Selasa (16/6/2020).

Lebih lanjut Westby menjelaskan, dua batasan Astrobiological Copernican adalah kehidupan cerdas terbentuk dalam kurun waktu 5 miliar tahun atau setelah sekitar 5 miliar tahun, mirip dengan di Bumi. Di Bumi, peradaban berkomunikasi terbentuk usai 4,5 miliar tahun.

"Dalam kriteria kuat, di mana kandungan logam yang sama dengan Matahari diperlukan, kami menghitung seharusnya ada sekitar 36 peradaban aktif di galaksi kita," kata Westby.

Untuk diketahui, Galaksi Bima Sakti sangat besar. Diperkirakan Bima Sakti mempunyai diameter selebar 200.000 tahun cahaya. Ketebalannya diperkirakan sekitar 1.000 tahun cahaya, memegang sebanyak 400 miliar bintang dan jumlah planet yang tak terhitung mengorbit bintang-bintang tersebut.

Mengingat luasnya Bima Sakti, 36 peradaban tampaknya seperti angka yang masuk akal. Para ilmuwan mengatakan, jarak rata-rata dari satu peradaban cerdas ke yang berikutnya sekitar 17.000 tahun cahaya.

Editor : Dini Listiyani

Comments